Friday, March 2, 2012

Pustakawan Perguruan Tinggi Sebagai Rekan Bekerja Mahasiswa


Sudah menjadi hal yang lumrah jika mahasiswa dibebani tugas oleh dosennya untuk membuat makalah, skripsi, penelitian atau tugas-tugas lainnya. Sudah pasti, tugas-tugas tersebut akan bersinggungan dengan dunia perpustakaan. Nah, Seorang mahasiswa harus aktif untuk bertanya kepada pustakawan untuk memudahkan tugas-tugasnya.

Mahasiswa memerlukan pihak lain selain dosen yang bisa menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan yang berhubungan dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. Pihak tersebut dapat berperan sebagai seorang mediator antara mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan sumber-sumber informasi di perpustakaan.

Seorang mediator haruslah seorang profesional  yang mempunyai kemapuan berkomunikasi secara baik agar yang bersangkutan dapat menjalin hubungan dengan kedua belah pihak, dosen dan mahasiswa. Profesi tersebut hendaknya juga mempunyai kemampuan mendapatkan informasi dan melakukan olah seleksi informasi dengan tepat dan menggunakan informasi yang ditemukan sesuai etika yang berlaku. 

Profesi yang paling tepat yang dapat dimunculkan sebagai pilihan utama adalah pustakawan. Mengapa? Karena pustakawan adalah seseorang yang mengetahui dengan pasti sumber-sumber informasi yang diperlukan oleh para akademisi kampus, khususnya sumber-sumber informasi yang dikelola perpustakaan. Pustakawan juga mampu dalam melakukan pekerjaan seorang pendidik, yaitu membimbing dan mengajar pengguna perpustakaan.

Sumber: Heriyanto, 2011. “Pustakawan di Perguruan Tinggi sebagai Rekan Bekerja Mahasiswa.” JPUA: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 1 (1) Jan-Jun 2011: 34

2 comments:

  1. Tapi kelihatannya perpustakaan di berbagai kampus di Indonesia masih kurang dikelola dengan profesional. Jarang ada pustakawan sebenarnya di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang hal ini menjadi PR berat bagi pengelola jurusan ilmu perpustakaan dan lembaga diklat yang kelak akan mencetak para pustakawan profesional.

      Delete

Terima Kasih. Salam Pustakawan!