PDII LIPI

Saturday, October 6, 2012

Hari Kunjung Perpustakaan digelar di Perpustakaan Nasional RI

Beragam acara dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan. Mulai dari pameran perpustakaan, bazaar buku, lomba menyanyi, lomba resensi, lomba story telling, lomba tari, seminar dan pemutaran film.

Hari kunjung perpustakaan, di gelar pada tanggal 1 Oktober di Perpustakaan Nasional jl. Salemba Raya 28A Jakarta. Acara yang di resmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Sri Sularsih, selepas upacara hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober ini menggelar, pameran perpustakaan, lomba menyanyi lagu wajib untuk siswa SMA/SMK, lomba resensi buku untuk pustakawan, Seminar, dan pemutaran film untuk umum. Disamping itu diadakan juga lomba tari untuk siswa SMP, lomba membaca keras untuk siswa SD dan storry telling untuk anak TK.
Pameran perpustakaan dan multi produk di ikuti oleh 20 stand termasuk didalamnya stand SIM keliling dari Polda Jakarta Timur. Penerbit dan perpustakaan yang meramaikan pameran antara lain; Penerbit Raja Grafindo, Grafindo Media Utama, Balai Pustaka, Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Kepulauan Mentawai, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Perpustakaan DPR RI, UPT perpustakaan Bung Karno, IKAPI Pusat, Toko Buku Media Dakwah, Pustaka Bogor, Penerbit Gema Insani, IPI dan lain-lain. Pameran ini berlangsung dari tanggal 1/10 sampai dengan tanggal 4/10

Lomba menyanyi diikuti oleh 45 siswa SMA/SMK di sekitar Jabotabek yang di gelar di pi
nntu masuk gedung Teater Perpustakaan Nasional RI. Pada babak penyisihan diambil 15 orang dari 45 pendaftar yang masuk babak final. Selain lomba menyanyi ada juga lomba membaca keras untuk tingkat SD yang di ikuti oleh 30 peserta, Lomba menari untuk tingkat SLTP yang di ikuti oleh 20 group dari 13 sekolah yang akan dilaksanakan pada tanggal 4/10. Dalam rangka hari kunjung dan bulan gemar membaca ini terdapat juga lomba penulisan artikel ilmiah dengan tema "Pancasila rumahku".

Sementara seminar di selenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2012 di Aula Perpustakaan Nasional RI. Jl. Salemba Raya 28A Jakarta. Dengan mengambil tema: “Jadikan Perpustakaan Sahabat Pintar Keluarga Indonesia : Jamu sebagai cara murah hidup sehat”. Pembicara : Prof. Mangestuti dengan topik "Pemanfaatan literatur tentang jamu koleksi Perpustakaan Nasional RI, Dr. Martha Tilaar dengan topik "Konsumsi jamu untuk kecantikan holistik" , Dr. Anna Ranti dengan topik " Konsumsi jamu untuk kesehatan".

Lomba yang ramai penggemarnya yaitu resensi buku di ikuti oleh 40 pustakawan. Disamping itu diputar juga film-film nasional yang di selenggarakan di gedung teater Perpustakaan Nasional RI, dari tanggal 1 Oktober hingga tanggal 3/10. [pnri.go.id]

No comments:

Post a Comment

ketik email Anda untuk mendapatkan info terbaru

Perpustakaan.org

FIB UI