PDII LIPI

Wednesday, February 29, 2012

Nikmatnya Sang Pustakawan

Maka berbahagialah kita semua yang mengabdikan diri di perpustakaan. Kita adalah abdi negara, mengemban tugas suci yaitu  ikut mencerdaskan  bangsa dengan jalan memberikan layanan informasi  kepada seluruh masyarakat. Dalam bekerja , kita berangkat dari rumah dengan tujuan kekerja dan beribadah. Sebab memberikan layanan kepada pemustaka yang dilakukan petugas perpustakaan atau pustakawan dengan sepenuh hati namanya juga ibadah. Seorang pustakawan merupakan penggerak dan penyelenggara kegiatan yang ada di layanan. Memberikan layanan kepada pemustaka adalah salah satu dari tugas mulia seorang pustakawan.

Monday, February 27, 2012

Solusi Buat CD atau DVD yang Sudah Lama

Rak CD dan DVD

Apa yang anda lakukan dengan DVD atau CD yang sudah lama? Atau yang masih ‘baru’ tetapi anda sudah bosan menonton atau mendengarkannya?

Seorang karyawan sebuah perpustakaan, RJ, punya ide untuk menyumbangkan DVD serta CD lamanya ke perpustakaan tempat kerjanya. RJ menjabat sebagai Systems Librarian di kampus. Selain menugurusi perpustakaan, dia juga memberikan pelatihan kepada siswa-siswi tentang berbagai program komputer.

Thursday, February 23, 2012

Penerbitan Digital: Menerbitkan Buku yang Layak dan Terjangkau


Mark Hanusz saat mendemonstrasikan digital publishing
Saya berkesempatan menghadiri presentasi interaktif “Digital Publishing and Indonesia” di @america yang berlokasi di Pacific Place lantai 3 Jakarta. Acara yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 22 Februari 2012 pukul 19.00-20.20 WIB ini diisi oleh Mark Hanusz, penulis, penerbit, dan pendiri Equinox publishing sejak tahun 1999. Buku pertamanya adalah "Kretek" yang terbit pada tahun 2000. 

Berikut ini informasi yang saya olah dari akun twitternya @america.

Wednesday, February 22, 2012

Equinox, Mengglobalkan Indonesia Lewat Buku

Zaman globalisasi saat ini memungkinkan berbagai jenis komoditas masuk pasar dunia, tak terkecuali komoditas kebudayaan seperti buku. Di Indonesia sendiri, ribuan buku karya dan tentang negeri lain masuk dan dikonsumsi jutaan penduduk. Sebaliknya, belum banyak buku karya anak negeri ataupun tentang Indonesia yang mengisi rak-rak buku warga dunia.

Salah satu penerbit yang berupaya membawa Indonesia masuk ke dalam perbincangan komunitas dunia adalah Equinox. Didirikan tahun 1999 oleh Mark Hanusz, seorang warga Amerika Serikat, yang menjadi pemilik sekaligus managing editor, Equinox menerbitkan puluhan buku karya penulis asing tentang Indonesia ataupun beberapa karya penulis dalam negeri. Tema-tema buku sangat bervariasi, mulai dari tema akademik, seperti analisis ekonomi, politik, ilmu sosial di Indonesia, demografi, militer, kebijakan luar negeri Indonesia, hingga tema sastra, biografi, sejarah organisasi serta produk kebudayaan Indonesia, seperti rokok keretek, kopi, ataupun seluk-beluk kehidupan warga Jakarta.

PDII: Pustakawan selenggarakan pertemuan Ilmiah Kepala Perpustakaan LIPI


Jakarta (21/2). Tahun 2012, Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII LIPI) telah menyusun program yang berkaitan dengan peningkatan kinerja perpustakaan dan kemampuan pustakawan di lingkungan LIPI. Tahun 2010 dan 2011 sejumlah kegiatan telah dilaksanakan di PDII, di antaranya adalah pengembangan sistem perpustakaan LARAS, pengembangan pangkalan data majalah ilmiah Indonesia dan pengkajian dalam bidang perpustakaan dan kepustakawanan. Berkaitan dengan hal tersebut, PDII menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Kepala Perpustakaan LIPI. Kegiatan ini bertempat di Ruang Seminar PDII lantai 2, Jl. Jend. Gatot Subroto 10, Jakarta.  

Monday, February 20, 2012

Perpustakaan LIPIA

Perpustakaan dengan koleksi buku-buku berbahasa Arab ada di Buncit Raya Jakarta Selatan, tepat di depan Mall Pejaten Village.Perpustakaan ini adalah perpustakaan milik kampus LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab). Alamat tepatnya adalah di Jl. Buncit Raya No. 5A Jakarta Selatan

Sunday, February 19, 2012

Penerbit Suriah Publikasikan Doktrin Kim Jong il

Kinerja mantan presiden Korea Utara Kim Jong Il dipublikasikan oleh penerbit Dar Damaskus Publishing House dari Suriah pada 5 Februari lalu. Kantor berita resmi Korea Utara, Korean Central News Agency, Sabtu (18/2), mengabarkan buku kecil tersebut berjudul 'Garis Revolusi Berbasis Songun adalah Sebuah Garis Revolusi Besar dalam Era Kami Selama Ini dan Spanduk Kemenangan Revolusi Kami'.

Thursday, February 16, 2012

Pustakawan Harus Profesional

Desakan perkembangan zaman nampaknya telah membuat masyarakat semakin kritis. Mereka pun menuntut untuk peningkatan mutu lembaga penyelenggara pendidikan. Menjawab tuntutan tersebut, Selasa (14/2) UNS dan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) menggelar acara Temu Ilmiah dan Rapat Kerja Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Surakarta tahun 2012 dengan tema 'Menuju Profesionalisme Pustakawan di Era Teknologi Informasi'.

ketik email Anda untuk mendapatkan info terbaru

Perpustakaan.org

FIB UI