Saturday, March 12, 2016

Manfaat Membaca Buku untuk Kecerdasan Anak


Sudah menjadi barang langka saat ini, untuk bisa melihat seorang anak membaca buku. Kecenderungan yang terlihat adalah, mereka sibuk dengan gadget di tangan mereka. Begitupun dengan orangtuanya.

Jual Susu Kambing Etawa
Klik GOMARS
Padahal membiasakan anak membaca sejak usia dini, akan membawa dampak positif ke depannya. Tidak hanya untuk sang anak, namun juga orangtua itu sendiri. 

Membiasakan anak membaca sejak dini akan membuat anak bersemangat saat belajar, karena buat mereka, huruf-huruf tersebut seperti permainan. Tentu saja hal ini akan membantu orangtua, dimana mereka tidak lagi perlu mengejar-ngejar anak untuk membaca buku, mengerjakan tugas (PR) dari sekolah.
Hal ini seperti diungkapkan pengalaman nyata dari Founder Reading is Fun, Nurbaiti Hafmaya yang ditemui dalam acara Peluncuran dan Diskusi Buku Screen Time, di Rumah Kerinci, Jakarta Selatan.

"Dahulu anak Saya senang nonton televisi, akhirnya saya biasakan untuk membaca, saya juga menceritakan dongeng pada anak, awalnya susah memang, tapi lama-lama dia suka. Bahkan manfaatnya bisa saya rasakan saat ini, pulang sekolah dia semangat banget ngerjain PR (tugas sekolah) dari sekolah tanpa saya minta," ujarnya pada VIVA.co.id, 16 Februari 2016.

Sedangkan Psikolog anak Elizabeth Santosa mengatakan bahwa ternyata kebiasaan membaca ada hubungannya dengan IQ seorang anak.

Umroh Hemat Mulai dari 21-JT-an
"Anak pintar, IQ pintar adalah anak yang punya banyak kosakata, dia bisa menangkap bahasa yang dikatakan guru, orangtua, anak yang banyak ngomong. Sedangkan anak yang lemot, biasanya karena kurang dari segi verbalnya, dan susah mengerti saat diberi instruksi."

Dengan membaca, Psikolog yang biasa disapa Lizy tersebut mengatakan bahwa, dari kebiasaan membaca seseorang saja, IQ nya bisa terlihat.
Sumber: VIVA.co.id

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!