Tuesday, April 12, 2016

PERAN PUSTAKAWAN DI ERA DIGITAL


Pergeseran peran pustakawan di era elektronik atau digital sebenarnya sudah sering disebut dalam berbagai forum baik skala nasional, regional dan internasional termasuk dalam dunia penerbitan ataupun artikel. June Abbas membahasnya secara komprehensif dalam artikelnya berjudul ”The library profession and the internet:
implications and scenarios for change”. Dalarn artikel ini beberapa peran pustakawan, antara lain adalah: Pustakawan sebagai gerbang baik menuju masa depan maupun masa
lalu, pustakawan sebagai guru atau yang memberdayakan, pustakawan sebagai pengelola pengetahuan, pustakawan sebagai pengorganisasi jaringan sumber daya informasi, pustakawan sebagai pengadvokasi pengembangan kebijakan informasi, pustakawan sebagai partner masyarakat, pustakawan sebagai kolaborator dengan penyedia jasa teknologi, pustakawan sebagai teknisi, dan pustakawan sebagai konsultan informasi.

Dari berbagai peran pustakawan di atas, senada apa yang disampaikan Pak Anies Baswedan bahwa perpustakaan tidak akan tergantikan oleh aplikasi-aplikasi tersebut jika dilihat dari segi sumber daya manusianya yaitu para pustakawan. Kuncinya pada manusia bukan pada infrastruktur. Bila pustakawan membuat dirinya hadir tidak lebih dari sekadar penyelenggara administrasi perpustakaan maka dia akan tergantikan oleh teknologi kata Anies Baswedan, Sabtu (19/3) lalu. 

Pustakawan seharusnya mampu memainkan peran sebagai kurator, guru, dan inspirator serta penghubung para pengunjung perpustakaan yang baik. Pustakawan tidak saja harus berada di perpustakaan, tidak kalah penting dari itu pustakawan harus bisa membuat ekosistem pembaca tumbuh di lingkungan itu. Dia menambahkan, pustakawan mempunyai tugas tambahan untuk melek teknologi. Dunia perbukuan tidak dapat lepas dari pemanfaatan teknologi digital saat ini terutama dalam pencarian informasi. “Ini karena anak-anak kita adalah anak-anak abad 21 yang hidup di era digital,” ucapnya.***


Oleh: Muhammad Tawwaf (Pustakawan Riau Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2007)
Sumber: RIAUPOS.CO, 31 Maret 2016 - 10.07 WIB

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!