Sunday, March 11, 2012

Pustakawan VS Google

Keberadaan Pustakawan/perpustakaan  vs Google merupakan suatu situasi  yang setiap saat harus selalu kita ingat kembali, suatu keadaan  yang pada akhirnya akan berhubungan dengan peranan kita sebagai pekerja dibidang informasi. Keberadaan pustakawan/ perpustakaan dan Google berkaitan dengan tahapan perkembangan informasi yang dewasa ini memasuki trend yang lebih maju. Sebelum ada Google, maka buku menjadi sumber rujukan utama di berbagai belahan dunia, semua orang akan merujuk kepada sumber pustaka berupa buku, jurnal dan berbagai koleksi perpustakaan yang masih konvensional.

Kini era nya disebut dengan era informasi, informasi disebarluaskan dalam berbagai cara, ada cara yang masih menggunakan cara konvensioal tetapi juga hadir cara penyebarluasan informasi secara elektronik salah satunya melalui Google.

Walaupun banyak dikatakan bahwa dewasa ini sudah jaman informasi digital, namun kini jumlah judul buku yang diterbitkan oleh berbagai penerbit pun juga masih banyak dan makin menarik isinya. Ini menjadi indikator bahwa masyarakat dan pemustaka  kita masih menyukai informasi tercetak dalam bentuk buku.

Google dan perpustakaan/ pustakawan tidak akan saling mematikan. Kehadiran google merupakan salah satu sarana untuk memperkaya fitur layanan informasi di perpustakaan.  Google menciptakan cara baru berinformasi bagi masyarakat.  Namun informasi yang ada di dalam google juga masih bercampur antara informasi yang sahih dan informasi yang otoritasnya perlu kita pertanyakan lagi.

Menjadi tugas dan peran pustakawan untuk mengarahkan dan membantu pemustaka dalam menelusur berbagai sumber informasi yang masih sangat dibutuhkan. Pustakawan memiliki tugas mulia untuk memberikan bimbingan bagi para pemustakanya untuk mencari dan menemukan informasi yang tepat dan benar, sehingga pemustaka tidak terjerumus kepada sumber informasi yang tidak pantas dijadikan sumber rujukan.

Perpustakaan – Pustakawan – Google merupakan pelaku informasi yang akan selalu berjalan beriringan dalam upaya memberikan layanan informasi yang baik dan benar bagi para pemustakanya dimanapun berada.Semoga pustakawan Indonesia tetap semangat dan tetap mau untuk senantiasa menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan jaman yang semakin kompetetitif dan kompleks ini dan tidak takut dengan Prof. Dr. Google.Com. Semoga. (pramuktinarendra.wordpress.com)

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!