Wednesday, March 27, 2013

Pustakawan Penggagas Literasi Informasi

Menjadi pustakawan yang ramah merupakan langkah sederhana yang berusaha diwujudkan Nur Cahyati Wahyuni dalam membantu mahasiswa memperoleh informasi di perpustakaan. Menurut wanita kelahiran Surakarta ini, selain menjadi ramah, seorang pustakawan juga harus menjadi ahli informasi. “Mengolah perpustakaan memang penting, tetapi yang lebih penting lagi bagaimana agar informasi yang kita punya bisa terakses oleh banyak orang,” ucap lulusan Sarjana Antropologi UGM ini.

Gagasannya tentang mengelola informasi ini tertulis dalam ‘Program Literasi Informasi: Menjadi Literate Bersama Perpustakaan Perguruan Tinggi’. Makalah tersebut mengantarkan Pustakawan American Corner UGM ini menjadi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional 2011. Selain itu, Cahya juga berhasil mendapat berbagai penghargaan, antara lain, Terbaik  II tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Seleksi Pustakawan Berprestasi Terbaik 2010; “Best Programming and reporting” sepanjang tahun anggaran 2007/2008 dan 2008/2009 antar American Corner se-Indonesia yang diadakan pada tahun 2010; beasiswa International Voluntary Visitor  Program (IVLP) se-Asia Tenggara; workshop dan kunjungan ke Perpustakaan di Amerika Serikat tahun 2008.


ummu craft
Iklan Mukena Cantik "Ummu Craft"

Awal perjalanan karir Cahya sebagai pustakawan UGM dimulai sejak tahun 2003 sebagai tenaga teknis. Tahun 2004 diangkat menjadi asisten direktur perpustakaan UGM. Cahya sebagai seorang pustakawan mengaku terinspirasi oleh Pamela Dragovich, seorang pustakawan Amerika yang menjabat sebagai  Information  Resource  Officer  untuk  wilayah  Asia  Tenggara. “Dia  selalu  mengapresiasi  setiap  kerja  saya, berpikiran  terbuka,  dan punya saran yang bagus dalam berbagai permasalahan yang kami hadapi,” ungkap pustakawan yang menjadi pengurus  Ikatan  Pustakawan  Indonesia  Daerah  Istimewa  Yogyakarta,  Bidang Pembinaan Perpustakaan Tahun 2010-2013 ini.

Kiprah sebagai pustakawan membuat Cahya terjun menjadi sukarelawan dalam hal-hal yang berkaitan dengan profesinya. Melalui kegiatan itu, Cahya berusaha mengedukasi masyarat tentang keperpustakaan. Kegiatan Cahya sebagai sukarelawan antara lain menjadi pengajar sehari Kelas Inspirasi Program Indonesia Mengajar tahun 2013 di SD Cemoro Hardjo Sleman Yogyakarta dan narasumber workshop Pengelolaan Perpustakaan Anak dan Keluarga di Sanggar Pakridhan pada April 2011. [balairungpress.com]

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!