Wednesday, April 3, 2013

Stack Reading dan Keluhan Pustakawan

Stack reading atau istilah yang biasa digunakan di perpustakaan yaitu shelving merupakan salah satu aktivitas di perpustakaan yang sangat penting. Kualitas stack reading yang baik tentunya membuat temu kembali informasi menjadi lancar.


ummu craft
Iklan Mukena Cantik "Ummu Craft"
Di Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, para pustakawan yang mendapatkan tugas stack reading kadang mengeluhkan kondisi masing-masing raknya. "Wah! raknya sudah penuh, tidak muat untuk menyimpan buku lagi." Begitulah keluhan yang kadang terdengar. Ada juga yang mengeluhkan jumlah eksemplar tiap judulnya. "Wah! Kok bukunya lebih dari dua eksemplar.".

Nah, hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Perlu ditinjau kembali jumlah eksemplar buku tiap judulnya. Untuk buku tebal yang lebih dari satu eksemplar cukup disajikan satu eksemplar saja di rak. Copy buku lainnya disimpan di ruangan yang lain.

Ada petugas yang stack reading dengan jumlah buku yang lebih banyak dari petugas lainnya. Atau sebaliknya ada petugas yang stack reading dengan jumlah buku yang lebih sedikit dari petugas lainnya. Semakin banyak koleksinya maka semakin berat tugasnya. Atau jika memang ingin disamaratakan honornya, maka digilir penempatan petugas stack readingnya. Digilir tiap pekan supaya semua pustakawan tahu letak buku di tiap raknya.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!