Monday, October 8, 2012

Nazaruddin Musa Wakili Aceh ke Lomba Pustakawan Nasional


Salah satu peserta Seleksi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2012 berasal dari Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Bagaimana ia bisa mewakili propinsi Aceh? Silahkan baca liputan  berikut ini.
 
Pustakawan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Nazaruddin Musa SAg SIP MLIS mewakili Aceh ke ajang Seleksi Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2012 di Jakarta tanggal 8 hingga 12 Oktober 2012. Nazaruddin Musa terpilih sebagai juara umum Seleksi Pustakawan Berprestasi se-Provinsi Aceh tahun 2012 yang digelar di Perpustakaan Wilayah Banda Aceh.

Juara Umum Pustakawan Aceh 2012, Nazaruddin Musa, Jumat (5/10) mengatakan, ia bekerja sebagai pustakawan di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh mewakili Aceh ke Seleksi Pustawakan Berprestasi Tingkat Nasional dengan konsep Pusat Layanan Referensi Online Berbasis  Web melalui ‘Bookmarking’. Pada setiap browser, katanya, baik Mozilla maupun Internet Explorer, ditemukan fitur bookmarking. Dan tugas pustawakan yang mewakili Aceh itu, ia akan mempertahankan konsep Pusat Layanan Referensi Online Multiakses dengan Short Message (SMS) via telepon seluler (ponsel) dan email yang terangkum dalam konsep layanan berbasis web melalui fitur ‘bookmarking’.

Sesuai dengan perkembangan teknologi, kata Nazar, sistem penyimpanan referensi perpustakaan telah berubah dari sistem penyimpanan kertas menjadi digital, baik dalam bentuk penyimpanan dalam komputer (offline)  maupun sistem penyimpanan berbasis web (online). Guna memudahkan pencarian, katanya, seorang harus menyimpan dalam bookmarking pada browser. Dalam bookmarking tersebut, dikelompokkan jenis-jenis referensi berdasarkan disiplin ilmu seperti ekonomi, teknik, kedokteran, hukum, sosial dan disiplin ilmu lainnya. Guna memudahkan pencarian, katanya, pengelompokan disiplin ilmu diperkecil lagi, sehingga lebih spesifik.

Pada Seleksi Pustakawan Nasional itu, kata Nazar, ia akan bersaing dengan puluhan pustakawan di seluruh Indonesia yang berlangsung di Twin Plaza Hotel Jakarta, 8 hingga 12 Oktober 2012 mendatang. Selain mempertahankan konsepnya, kata Nazar, peserta juga harus mengikuti wawancara dengan penguji. “Penerapan IT di perpustakaan adalah momentum untuk meningkatkan perfoma dan citra pustakawan,” ujar Nazaruddin Musa, alumni Mc Gill University, Montreal Canada, dengan kajian Information Studies itu.
      
Profil Nazar :

Nama  : Nazaruddin Musa SAg, SIP, MLIS
lahir : Aceh Utara/ 10 Januari 1971
Profesi : Pustakawan dan Dosen IAIN Ar-Raniry Banda Aceh
Pendidikan :
- SDN Pandrah, Bireuen  (1983)
- SMPN Pandrah, Bireuen (1986)
- SMAN Jeunib, Bireuen (1989)
- Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Ar-Raniry Banda Aceh (1995)
- Jurusan Ilmu Perpustakaan UI (1998)
- University of Saouth Australia (UNISA) (2003) non-gelar
- Mc Gill University, Montreal Canada

Prestasi : Juara I Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh tahun 2012. [Aceh.tribunnews.com]

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!