Thursday, November 8, 2012

Pengembangan Kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan


Foto oleh Ijul

Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menyelenggarakan workshop “Pengembangan Kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan” pada Rabu, 07 Nopember 2012. Bertempat di lantai 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora. Workshop ini dihadiri oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, para dosen dan alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta.

Acara dipandu oleh Siti Maryam, Dosen tetap jurusan Ilmu Perpustakaan. Setelah acara dibuka, selanjutnya penyampaian sambutan dari Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan, Pungki Purnomo . “Workshop ini merupakan tindak lanjut dari workshop pengembangan kurikulum yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 Nopember 2011”, kata Pungki Purnomo dalam sambutannya. Sambutan yang kedua oleh  Dekan Fakultas Adab, Wahid Hasyim, yang sekaligus membuka workshop secara resmi. 

Sebelum memasuki materi inti pembahasan, acara diisi oleh penyampaian materi dari Head of Library and knowledge Center Binus Business School, Imam Budi Prasetiawan. Penyampaian materi ini dimoderatori oleh Sekretaris Jurusan Ilmu Perpustakaan, Mu’min Suprayogi.

Imam menyampaikan materi mengenai perkembangan internet, today’s new literacy, kompetensi pustakawan, soft skill yang harus dimiliki oleh pustakawan, dan materi lainnya yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan. “kemampuan dalam berkomunikasi menjadi kriteria karyawan yang paling dicari”, kata Imam dalam penyampaian materi mengenai soft skill. 

Diskusi alot terjadi ketika pembahasan mata kuliah baru yang akan dimasukkan dalam kurikulum Jurusan Ilmu Perpustakaan. Mata kuliah tersebut antara lain Perpustakaan Digital, Etika Profesi, Literasi Informasi, Kemas Ulang Informasi dan Rekayasa Web.   

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!