Tuesday, December 17, 2013

Yuk, Ajak Anak Suka Membaca

KOMPAS.com – Buku adalah jendela dunia dan anak yang suka membaca memiliki wawasan yang lebih luas. Karena itu penting untuk menumbuhkan minat membaca pada anak. Apalagi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi anak perlu membaca berbagai bahan bacaan untuk menunjang pelajarannya.

Tetapi di zaman internet ini rasanya semakin sulit menemui anak yang gemar membaca. Mereka lebih suka browsing di internet, main games, atau menonton televisi. Adalah tugas orangtua untuk mengarahkan anaknya agar memiliki minat dan kebiasaan membaca. Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan:

Biasakan
Kesukaan membaca harus ditumbuhkan sedini mungkin. Ini berarti orangtua harus membiasakan anak mengenal buku. Membacakan dongeng atau mengajaknya melihat-lihat gambar di buku bisa menstimulasi anak agar lebih akrab dengan buku.

Merasa nyaman
Yang pertama adalah membuat anak merasa suka dan nyaman. Berilah bahan-bahan bacaan sesuai dengan minat anak. Misalnya jika anak menyukai dinosaurus, ajaklah ia ke toko buku dan biarkan ia memilih sendiri buku-buku pengetahuan bertema dinosaurus. Setelah ia menikmati aktivitas membaca, ajak ia membaca buku dengan topik-topik lainnya.

Jangan terlalu serius
Untuk anak balita, ajak mereka mencintai dongeng dengan cara menciptakan ekpresi lucu dan intonasi suara sesuai karakter cerita yang dibaca. Untuk anak berusia kurang dari empat tahun, pilihlah buku dengan kalimat yang tidak terlalu panjang. Pilih bacaan yang berkaitan dengan anak, misalnya binatang di sekitar rumah, keluarga, atau sekolah.

Bersikaplah fleksibel
Jangan memaksa anak untuk mengikuti apa yang menurut Anda baik dibaca oleh mereka. Tumbuhkan minatnya terhadap buku dengan membiarkan anak membaca buku sesuai kesenangannya, yang penting Anda tetap mengarahkan.

Buku dengan gambar penuh warna
Warna-warni selalu menarik perhatian balita. Tunjukkan gambar itu pada balita Anda dan coba untuk menjelaskan tentang salah satu yang mereka pilih. Cara ini akan mengembangkan imajinasinya.

Beri contoh
Bagaimana anak bisa menyukai buku jika ia tidak pernah melihat orangtuanya membaca. Selain menyediakan buku-buku untuknya, berilah contoh bagaimana Anda juga menyukai kegiatan membaca.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih. Salam Pustakawan!