PDII LIPI

Monday, October 1, 2012

Relawan Singapura Latih Pustakawan Jabar

INILAH.COM, Bandung – Dalam dua tahun dengan enam latihan khusus, Unit Relawan Khusus dari National Library Board (NLB) Singapura akan melatih sekitar 50 pustakawan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jabar dalam hal Manajemen Perpustakaan.

Diharapkan pelatihan itu dapat memperkuat upaya keterlibatan publik, mengundang lebih banyak orang untuk berkunjung ke perpustakaan, dan menanamkan pinjaman ulang.
“Sebanyak 50 pustakawan Bapusipda itu akan melatih setidaknya 150 rekan-rekan mereka dari perpustakaan komunitas lainnya di Jawa Barat. Dalam kasuskasus tertentu, relawan Singapura akan bekerja sama dengan relawan Indonesia membantu komunitas lokal. Ini juga bagian dari Words on Wheels (WOW) Bandung yang khusus dirancang untuk meningkatkan kemampuan Bapusipda dalam melayani warga,” kata Direktur Eksekutif Singapore International Foundation Jean Tan dalam peluncuran WOW Bandung di Auala Barat Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis (27/9/2012).
Menurut Jean Tan, membaca dan belajar merupakan unsur sangat penting dalam memberdayakan generasi masa mendatang. WOW Bandung hadir untuk mendorong minat membaca yang mengembangkan pikiran, membangkitkan imajinasi dan dapat mengubah kehidupan.
“WOW Bandung mempunyai misi untuk membekali murid-murid dengan keterampilan yang penting dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Murid-murid juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh SIVs (Singapore International Volunteers atau Relawan Internasional Singapura) dan akan diajarkan berbagai kombinasi strategi pembelajaran dan keterampilan seperti pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi,” ucapnya.
Semoga di daerah lain, dapat melaksanakan kegiatan serupa sebagaimana yang telah direncanakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jabar. Sehingga generasi penerus bangsa kita menjadi generasi yang kaya akan ilmu.

Sumber: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1909480/relawan-singapura-latih-pustakawan-jabar

No comments:

Post a Comment

ketik email Anda untuk mendapatkan info terbaru

Perpustakaan.org

FIB UI